Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas | Blog Guru Sekolah Dasar

Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas

Sudut baca kelas adalah suatu sudut atau tempat lain yang berada di dalam kelas yang digunakan untuk menata buku atau sumber belajar lainnya dalam rangka meningkatkan minat baca dan belajar peserta didik melalui kegiatan membaca yang menyenangkan.

Sudut baca kelas bertujuan untuk mengenalkan peserta didik kepada beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan. Sudut baca kelas juga merupakan upaya mendekatkan perpustakaan ke peserta didik. Sudut baca kelasdimanfaatkan secara optimal untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

1. Membuat dan Mengelola Sudut Baca Kelas

Membuat sudut baca kelas dengan memanfaatkan sudut ataupun tempat lain yang strategis di dalam kelas. Jenis bahan bacaan yang ditempatkan di sudut baca kelas dapat berupa buku teks pelajaran, buku cerita, hasil karya peserta didik dan guru, komik, koran, majalah anak, kliping, dan sumber belajar lainnya.

Tahapan dalam membuat sudut baca kelas:
  1. Menyediakan sebagian area di kelas untuk menyimpan koleksi bahan pustaka.
  2. Merancang denah penempatan dengan memperhatikan pencahayaan, sirkulasi udara, keamanan dan kenyamanan peserta didik.
  3. Merancang model penataan koleksi bahan pustaka.
  4. Menyediakan tempat/rak koleksi yang cukup, kuat, dan aman.
  5. Menentukan, memilah, dan menyediakan jenis koleksi bahan pustaka yang akan ditempatkan di sudut baca kelas, sesuai dengan minat dan jenjang/kemampuan baca peserta didik.
  6. Menyiapkan koleksi bahan pustaka dari perpustakaan minimal sejumlah peserta didik di kelas tersebut.
  7. Melengkapi koleksi bahan pustaka di sudut baca kelas, (oleh peserta didik dan kontribusi orang tua).
  8. Menata koleksi bahan pustaka pada tempat/rak yang telah disediakan (dilakukan oleh guru bersama peserta didik).
  9. Menyiapkan buku rekap baca (berisi nama peserta didik dan judul buku).
  10. Koleksi sudut baca kelas sebaiknya selalu diperbarui untuk mempertahankan minat baca peserta didikminimal 1 bulan sekali.
  11. Tanggung jawab pengelolaan sudut baca kelas melibatkan guru kelas dan peserta didik.
2. Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas Indikator ketercapaian pemanfaatan dan pengembangan sudut baca kelas :
  1. Terdapat sudut baca di setiap kelas dengan koleksi bahan pustaka sesuai jumlah peserta didik.
  2. Meningkatnya frekuensi membaca peserta didik.
  3. Adanya pemanfaatan sudut baca dalam proses pembelajaran.
  4. Sudut baca kelas tertata dan terkelola setiap akhir pembelajaran.
  5. Koleksi bahan pustaka di sudut baca kelas diperbarui secara berkala.
  6. Ada kegiatan guru membacakan buku dengan nyaring atau peserta didik membaca mandiri dengan memanfaatkan koleksi sudut baca kelas.
  7. Terdapat daftar koleksi dan daftar rekap baca sudut baca kelas.
  8. Meningkatnya kemampuan membaca dan berkomunikasi peserta didik dan guru.
Menata Sudut Baca Kelas yang Ramah Anak:
  • Berada di dalam kelas yang memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup baik.
  • Memiliki lantai yang selalu dalam kondisi baik dan bersih.
  • Rak buku berkualitas baik dan tidak membahayakan peserta didik.
  • Tinggi rak buku berada dalam jangkauan peserta didik.
  • Penempatan rak buku tidak berada di bawah jendela dan terlindung dari tempias hujan dan sinar matahari langsung.
  • Koleksi bukutersimpan pada raknya dengan rapi dan aman
Cara Merawat Sudut Baca Kelas dan Koleksi Bahan Pustaka:
  • Membersihkan rak buku dan koleksi bahan pustaka secara berkala.
  • Menyampul buku buku koleksi sudut baca kelas dengan sampul plastic transparan.
  • Memeriksakondisikoleksibahanpustakasecaraberkala.
  • Memperbaikibukukoleksi yang rusak.
Membantu Peserta Didik Untuk Memanfaatkan Sudut Baca Kelas:
  • Membuat dan menyepakati peraturan untuk menggunakan/membaca koleksi buku di sudut baca kelas.
  • Mengembangkan bahan kaya teks (print rich materials), berupa karya siswa dalampembelajaran di kelas, program sekolah, dan memajangnya.
  • Mengajak peserta didikmemilih buku untuk dibaca mandiri atau dibacakan nyaring oleh guru dalam kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai.
Peraturan Sudut Baca Kelas dapat berupa:
  • Merawat dan memperlakukan buku dengan baik.
  • Prosedur penggunaan buku.
  • Koleksi sudut baca kelas hanya dimanfaatkan di kelas/lingkungan sekolah.
Video Sudut Baca Kelas:

0 Comments

Iklan